Diberdayakan oleh Blogger.

Alasan Mengapa Harus Bangga Mengenakan Batik

By | 07.00 Leave a Comment
Alasan Mengapa Harus Bangga Mengenakan Batik
Batik Semarang - 1. Tampil berwibawa dan nasionalis

Dengan mengenakan pakaian batik, seseorang akan terlihat lebih berwibawa bagi pria dan anggun bagi wanita serta tampilannya akan terlihat lebih fresh. Selain itu ketika mengenakan batik perasaan bangga menjadi bangsa Indonesia akan semakin terasa karena batik merupakan budaya dan jati diri Indonesia.

2. Telah ada sejak Jaman Majapahit

Dihimpun dari berbagai sumber, batik nyatanya telah ada sejak zaman Majapahit, dan semakin populer ketika abad 18 dan 19, pada masa itu Warga Negara Belanda ketika pulang ke Eropa selalu membawa oleh-oleh kain batik untuk kerabat dan pejabat disana, puncak kejayaan batik di Eropa adalah ketika dipamerkan di Exposition Universelle di Paris pada tahun 1900, kala itu batik mampu memukau tamu undangan yang terdiri dari publik dan seniman Eropa. Wuih.

3. Menjadi Warisan Budaya Dunia

Pada 2 Oktober 2009 menjadi hari yang sakral dan membanggakan bagi masyarakat Indonesia, pasalnya Badan PBB untuk Pendidikan Ilmu Pengetahuan dan Budaya atau UNESCO menobatkan batik sebagai “Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Non Bendawi atau bahasa kerennya Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity, pengakuan dari UNESCO itu lantas disambut dengan cepat oleh Presiden SBY pada 17 November 2009 yang menerbitkan Kepres No. 33 tahun 2009 dimana ditetapkan Tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional.

4. Dikenakan oleh Tokoh Dunia dan Selebritis Hollywood

Tercatat nama-nama beken seperti Aktris Jesica Alba, Reese Witherspoon, juga bintang film Eat, Pray & Love Julia Roberts bangga mengenakan Batik, tentu saja telah disulap menjadi busana yang elegan dan pantas dikenakan namun tidak menanggalkan ciri khas budaya Indonesia. Selain itu Presiden Afrika Selatan dan juga tokoh anti-apartheid, Nelson Mandela bangga dan setia menggunakan batik yang didatangkan khusus dari Indonesia.

5. Diekspor ke mancanegara

Tidak hanya dijual di dalam negeri, batik juga merambah pasar-pasar mancanegara, tercatat Amerika Serikat adalah negara peminat kain batik terbesar dari Indoensia, berikutnya Jerman dan Korea Selatan juga menjadi pangsa pasar tetap bagi Batik Indonesia. Smbr
Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: