Diberdayakan oleh Blogger.

Tips Memilih Baju Batik

By | 07.00 Leave a Comment
Batik Semarang - Baju Batik sangatlah beragam, dari mulai daster batik, sampai kemeja batik, baik untuk wanita maupun untuk pria. Memilih baju batik haruslah teliti, terutama ketika memilih motif batik dan model baju batiknya. Salah memilih baju batik, hanya akan terlihat aneh bahkan sangat mungkin akan ditertawakan.

Salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan adalah berbelanja, termasuk dalam berbelanja baju batik. Batik adalah salah satu busana tradisional yang berasal dari Jawa. Kini, batik menjadi sebuah busana yang memiliki tampilan yang menarik dan modern.

Dalam menggunakan batik, kamu harus mengetahui beberapa tipsnya, seperti kain, motif dan warnanya. Berikut ini adalah beberapa cara dalam memilih baju batik agar sesuai dengan kebutuhan kamu, yaitu:
 
Memilih motif batik berdasarkan ukuran tubuh
Jika kamu memiliki tubuh yang besar, pilihlah baju batik yang memiliki motif geometris yang berukuran sedang, atau kombinasi motif geometris yang besar dengan yang ukurannya kecil agar sesuai dengan proporsi tubuh kamu. Sedangkan bila kamu memiliki tubuh yang mungil, jangan ragu untuk memilih baju batik bermotif geometris berukuran sedang agar bentuk tubuh tampak lebih proporsional.
 
Corak batik busana kasual
Untuk busana kasual sebaiknya kamu memilih baju batik yang bercorak fauna dan flora. Selain itu usahakan batik berada dalam paduan warna yang cerah sehingga memberi kesan aktif dan ceria. Selain itu, untuk gaya kasual, kenakan busana berpotongan simpel dengan aplikasi atau detail menarik. Agar nyaman dipakai, untuk busana kasual pilihlah batik yang terbuat dari katun.
 
Baju batik untuk kerja
Untuk busana kerja, sebaiknya Anda memilih baju batik dengan kombinasi warna gelap atau pastel, serta bercorak geometris agar penampilan kamu menjadi tetap terlihat rapi, dan formal. Pastikan kamu memilih desain busana batik yang simpel namun tegas, sehingga tetap berkesan profesional. Hanya jika diperlukan bisa ditambah detail atraktif yang terkesan minimalis, seperti opnaisel, ploi, saku, atau tali pinggang. Selain itu pilihlah baju batik yang terbuat dari katun dan tambahkan superlining sebagai pelapis dalam (furing) agar jatuhnya busana terlihat lebih tegas dan rapi.

Memilih Baju Batik untuk Kepesta
Apabila kamu ingin membuat busana pesta atau resmi dari kain batik, kamu bisa menggunakan berbagai jenis motif dan paduan warna.

Yang penting adalah memilih warna serta motif batik yang sesuai dengan jenis acara yang akan dihadiri (suasana pesta). Untuk acara pesta yang beratmosfer santai atau semiresmi, kamu bisa memilih batik bermotif fauna dan flora dalam paduan warna cerah ataupun terang. Untuk acara pesta yang resmi, batik bermotif fauna dan flora dalam paduan warna cerah ataupun terang.

Selain itu, untuk acara pesta yang resmi, baju batik bermotif geometris berukuran sedang atau motif-motif klasik, seperti motif Jlamprang dan Truntum dalam sentuhan warna terang atau gelap yang terkesan mewah bisa menjadi pilihan yang tepat. Batik bermotif flora juga bisa dipilih untuk menciptakan busana resmi yang terkesan elegan.
Sumber : www.hanleebatik.com
Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: