Diberdayakan oleh Blogger.

Mudah Membuat Tas dan Bantal Hias Cantik dari Batik

By | 07.00 Leave a Comment
Tas Batik
Batik selain sebagai busana pakaian, ia memiliki nilai seni kaya kreasi yang bisa dibuat menjadi berbagai aksesoris. Dengan sentuhan tangan Anda, batik bisa dibentuk menjadi produk-produk fashionable, seperti tas dan bantal hias yang cantik. Namun, susahkah membuatnya? Tidak juga.

Jika Anda memiliki keinginan dan mau sedikit bersabar, membuatnya tidak terlalu sulit. Pertama, siapkan bahan yang dibutuhkan, di antaranya busa angin, PC foam, kain kertas, kain katun, belacu, dan spunbond, batik, risleting, sumbu kompor, perekat, karet elastis, benang jahit, benang obras, benang nilon, silikon, dan dakron.

Kedua, alat-alat yang dibutuhkan dalam proses pembuatannya, seperti gunting kain, jarum jahit, penggaris, kayu, ring besi, kancing batok motif, dan mesin jahit. Setiap bahan dan alat tidak digunakan secara sekaligus, tergantung motif dan model yang kita inginkan dalam membuat tas dan bantal hias.

Berikut ini kami contohkan tata cara membuat tas laptop.

Bahan dan alat:
-  Kain batik 50  x 75 cm
-  Busa angin 5 mm, 60 x 40 cm
-  PC foam 5 mm, 60 x 40 cm
-  Ritsleting besar 120 cm
-  Karet elastis 1 cm, 52 cm
-  Kain spunbond hitam 50 cm x 1 meter
-  Benang jahit warna senada

Cara Membuat:
  1. Potong batik sesuai pola untuk tali 2 lembar. Letakkan batik untuk badan di atas busa angin, lalu potong. Jahit badan tas laptop sesuai motif batik, rapikan. Satukan badan batik dengan spunbond. Ukur 26 cm dari kedua sisi tas, buat garis, jahit 2 baris bagian tengahnya saja.
  2. Selipkan PC foam di seluruh bagian badan tas. Jahit keliling, rapikan.
  3. Potong karet elastis sepanjang 13 cm (4 buah). Jahit di keempat sudut bagian dalam tas. Jahit tepi batik bagian belakang untuk tali tas. Balik dan rapikan dengan jahitan di kedua sisi tali.
  4. Jahit 2 tali tas laptop di bagian tengahnya, rapikan. Jahit ritsleting keliling, rapikan. Rapikan jahitan dalam dengan bis/lis.  
Sumber : demediapustaka.com

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: