Diberdayakan oleh Blogger.

Kekayaan Inovasi Batik Kalteng dan Kaltim

By | 07.00 Leave a Comment
Kekayaan Inovasi Batik Kalteng dan Kaltim
Meski industri batik masih berpusat di beberapa wilayah Pulau Jawa, namun persebaran teknik membatik sudah menyebar ke hampir setiap wilayah di Indonesia termasuk Pulau Kalimantan. Kekayaan batik Kalimantan tidak bisa dipandang sebelah mata. Karena sebagaimana sebuah karya seni bernilai tinggi, batik selalu menawarkan keindahan dan sebuah makna filosofis. batik Kalteng menjadi karya seni yang paling indah dari Kalimantan karena kaya akan motif yang khas dengan kebudayaan setempat. Di Kalimantan Tengah terdapat batik yang sangat terkenal bernama Benang Bintik dengan inovasi motif dan warna yang memikat mata. Coraknya sarat dengan pengaruh Kaharingan yang merupakan kepercayaan leluhur suku Dayak. Dalam kepercayaan ini dikenal banyak simbol yang kemudian menjelma menjadi kreasi motif penuh makna di atas kain batik Kalimantan Tengah. Beragam simbol tersebut berwujud benda alam yang terdapat di ruang angkasa, maupun di bumi dan dalam diri manusia itu sendiri.

Satu dari simbol dalam kepercayaan suku Dayak terlambang dalam pohon Kehidupan atau yang biasa disebut dengan Batang Garing. Pohon ini mengisyaratkan tentang hubungan vertikal antara manusia dengan Sang Penguasa serta suatu hubungan horizontal antara manusia dengan mahluk lain di planet bumi ini. Batang Garing inilah yang mewakili ciri khas dari corak batik Benang Bintik. Akan tetapi terdapat pula motif lainnya seperti corak guci, tameng, tombak, kawit tuyan, dan balain nihing. Keindahan batik Benang Bintik telah dipatenkan sebagai karya budaya asli milik bangsa Indonesia. Pemerintah dan masyarakat Kalimantan Tengah pun menaruh perhatian yang tinggi terhadap kelestarian batik khas tersebut. Tidak kalah istimewa dengan Kalteng, batik Kaltim juga patut diperhitungkan baik dari kekayaan inovasi maupun nilai seninya. Motif bernuansa kebudayaan suku Dayak Kalimantan Tengah membuat batik daerah tersebut menjadi semakin indah.

Perpaduan warna khas yang terdapat pada batik dari Kalimantan Timur meliputi hitam, biru, dan kuning emas. Kombinasi warna-warna tersebut menciptakan kesan natural yang indah dan menawan. Di daerah Kaltim, batik biasa dikenakan untuk berbagai upacara adat dan pegelaran seni yang menampilkan tarian tradisional. Namun kini batik khas Kalimantan Timur juga diminati oleh konsumen dari luar pula tersebut. Batik yang berkembang di Pulau Kalimantan semakin menguatkan keberadaan seni batik di nusantara sebagai aset budaya yang tak ternilai harganya. Hal ini sekaligus membuktikan bahwa batik memang karya universal yang dapat menampung segala perbedaan menjadi satu kesatuan dan disimbolkan di atas sehelai kain. Begitu pula seni batik yang bisa berjalan seiring dengan laju zaman yang terus berubah tanpa mengurani nilai etnik dan maknanya. Diharapkan batik Kalteng maupun batik dari Kaltim terus berjaya bersama batik dari pulau lain.
Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: