Diberdayakan oleh Blogger.

Keistimewaan Kreasi Batik Kalimantan Tengah dan Timur

By | 07.00 Leave a Comment
Keistimewaan Kreasi Batik Kalimantan Tengah dan Timur
Ada dasarnya batik telah menjadi karya seni yang universal dan tidak hanya ditemukan di Pulau Jawa tetapi sudah mendunia. Di Indonesia setiap daerah memiliki seni batik dengan kekhasan dan keistimewaan masing-masing. Kenyataan ini sudah tentu menambah kekayaan variasi batik nusantara. Salah satunya batik Benang Bintik yang merupakan batik Kalimantan Tengah. Penamaan batik tersebut diambil dari kata “benang” yang memiliki arti helaian kain berwarna putih. Sementara itu kata “bintik” berarti desain yang diaplikasikan di atas kain “benang” tersebut. Nilai istimewa batik Benang Bintik terletak pada ragam motif yang menjadi cermin keunikan kebudayaan dari suku asli Kalimantan Tengah yakni suku Dayak. Perwujudan coraknya diinspirasi dari lukisan atau ukiran yang sering digunakan masyarakat Dayak zaman dulu ketika melakukan suatu ritual maupun upacara adat. Kepercayaan leluhur suku Dayak yang disebut Kaharingan sangat kental memberi pengaruh terhadap corak batik Benang Bintik.

Selain dari provinsi Kalimantan Tengah, terdapat pula karya batik yang tidak kalah istimewa dari Kalimantan Timur. Kini batik sangat mudah dijumpai di Kaltim seperti halnya di pusat perbelanjaan Samarinda dan Balikpapan. Motif batik Kalimantan Timur juga telah banyak mengalami perkembangan dimana salah satu nilai khasnya terletak pada pilihan warna yang digunakan. Perpaduan warna yang cenderung mencolok dan corak yang penuh menjadi daya tarik utama batik Kaltim. Perajin batik di wilayah tersebut tidak ragu memadukan warna yang kontras antara kain dasar dengan motif yang diaplikasikan. Dan justru hal inilah yang secara jelas memikat pecinta batik untuk berburu batik dari Kaltim. Sedangkan segi motifnya sangat terinspirasi dari kebudayaan yang melekat pada masyarakat Kaltim itu sendiri. Daerah yang terkenal sebagai penghasil batik tulis di Kalimantan Timur antara lain adalah suku Dayak Bahau yang bermukin di daerah hulu Sungai Mahakam.

Perkembangan dunia perbatikan yang semakin membaik sudah semestinya lebih memicu gairah para perajin di seluruh pelosok tanah air untuk tidak berhenti berinovasi. Hal yang harus ditingkatkan tidak sekadar dari kreasi motif namun juga kuantitas hasil produksinya. Dengan demikian sebagai pemilik asli kebudayaan batik, Indonesia akan menguasai pangsa pasar industri batik dunia. Lebih jauh hal ini tentu saja akan meningkatkan kesejahteraan perajin batik dan semua pelaku industri perbatikan. Benefit lain yang tak ternilai harganya ialah kebanggaan menjadi bangsa yang kaya akan budaya dan dapat mengelolanya menjadi sesuatu dengan kegunaan positif. Keragaman batik dari berbagai daerah baik yang berkembang di Jawa maupun batik Kalimantan Tengah harus selalu dilestarikan. Bagaimanapun juga, tugas melestarikan kebudayaan bangsa merupakan tanggung jawab bersama dan membutuhkan koordinasi yang solid antara pihak pemerintah serta semua elemen masyarakat.
Sumber : nationalbowlgame.org
Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: