Diberdayakan oleh Blogger.

Cara Mencuci dan Merawat Baju Batik

By | 07.00 Leave a Comment
Kita semua menyukai kain batik. Kain bermotif warisan nenek moyang kita ini merupakan hasil karya yang sangat indah. Baik dibuat dengan cara dan motif yang tradisional maupun kontemporer, kain ini sangat populer dari jaman dahulu hingga sekarang. Namun bagaimana cara menjaga pakaian, syal ataupun kain batik lainnya agar tampak selalu menawan seperti baru? Berikut beberapa tips mengenai perawatan dan cara mencuci kain batik.

Cara Mencuci Batik di Mesin Cuci

Proses membatik dengan tangan membuat kain ini menjadi sangat sensitif, jadi sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara merawatnya. Saat mencuci untuk pertama kalinya, disarankan untuk mencuci dengan tangan dalam air dingin atau hangat-hangat kuku. Ini untuk memastikan agar jangan ada sisa pewarna yang luntur ke cucian Anda dan juga untuk memastikan kain tidak mengalami kerusakan. Namun setelah dicuci untuk pertama kalinya, kain batik dapat dimasukkan ke dalam mesin cuci dengan menggunakan putaran cucian normal dengan langkah-langkah berikut ini.

Pertama-tama, cuci pakaian dengan warna yang serupa dengan menggunakan deterjen Rinso. Pilih putaran cuci lembut (delicate) dan dengan siklus waktu yang singkat. Pastikan Anda mencuci batik di suhu rendah, yaitu kurang dari 300 celcius.

JIka di kain batik Anda terdapat noda, atasi noda sebelum mencucinya. Gunakan informasi dari Geng Noda Bandel untuk mencari tahu bagaimana mengatasi noda-noda tertentu. Ingat, jangan menggosok noda karena akan membuatnya lebih sulit untuk dihilangkan.

Ada beberapa teknik tertentu yang harus digunakan saat mengeringkan kain batik:
  1.  Hindari memeras batik setelah dicuci dalam mesin cuci,.
  2. Lebih disarankan untuk mengeringkan kain batik di udara terbuka, karena pengeringan didalam mesin pengering dapat merusak bahan dan warna.
  3. Usahakan untuk mengeringkan kain batik pada jemuran di luar rumah, namun hindari sinar matahari langsung untuk mencegah pemudaran warna.
  4. Anda dapat menyetrika batik Anda, namun hindari menempelkan setrika panas langsung kepada bahan. Semprotkan sedikit air di permukaan kain dan lapisi kain bersih diatasnya sebelum memulai menyetrika.
  5. Ingat, sangat tidak disarankan untuk menggunakan pemutih atau bahan kimia kuat lainnya pada kain batik. Selalu merujuk kepada label perawatan pakaian sebelum mencuci batik pertama kalinya, karena tiap pakaian dapat memiliki petunjuk mencuci yang berbeda tergantung bahannya.
  6. Dengan perhatian dan perawatan yang benar, Anda dapat menikmati indahnya motif dan warna kain batik kesayangan anda lebih lama!

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: