Diberdayakan oleh Blogger.

Apa Itu Fungsi Batik

By | 07.00 Leave a Comment
Apa Itu Fungsi Batik
Fungsi batik nampaknya telah mengalami pergeseran ke arah positif dari awal mula ditemukan batik sampai saat ini. Kain dengan motif batik Batik dahulu kala pada tahun 1700 an digunakan sebagai penunjuk identitas, apakah seseorang berasal dari kalangan kerajaan, bangsawan atau rakyat biasa. Untuk Batik Kraton saja dahulu kala hanya boleh dipakai oleh orang-orang Keraton. Dengan perkembangan jaman dan kehidupan saat ini batik sudah dianggap sebagai gaya hidup. Batik merupakan salah satu metode dalam membuat hiasan pada kain.

Secara epistimologis batik berasal dari bahasa Jawa yaitu Amba berarti kain, dan titik cara memberi motif kepada kain dengan memberi titik-titik sehingga membentuk pola. Saat ini batik tidak lagi digunakan sebagai produk feodal atau menentukan status seseorang. Fungsi batik saat ini lebih ke sisi estetika atau keindahan, dan busana yang memiliki nilai seni tinggi.

Selain itu fungsi batik yang lain adalah terdapat pada motif-motifnya yang selain memiliki nilai seni, juga memiliki makna-makna filosofis tertentu. Secara umum motif batik memiliki makna mengenai harapan, itikad, niat, dan pesan. Empat kategori makna tersebut akan berbeda-beda di setiap daerah tergantung dari kebudayaan, kebiasaan dan adat suatu daerah. Saat ini batik berfungsi untuk menambah nilai keindahan pada suatu pakaian, atau kain tertentu, karena nilai estetika yang tinggi sehingga digunakan untuk acara resmi.
Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: