Diberdayakan oleh Blogger.

Alasan Daya Pikat Batik kuno

By | 09.23 Leave a Comment
Alasan Daya Pikat Batik kuno
Belakangan ini para pemburu barang antik berlomba-lomba mengoleksi karya batik yang sudah tua dan kuno. Batik zaman dahulu sangat menarik untuk dikoleksi karena memiliki nilai keindahan yang tidak lekang zaman. Selain itu memiliki artefak batik yang sarat sejarah juga merupakan kebanggaan bagi pemiliknya. Sebab itu meskipun harganya mahal, batik kuno tetap menjadi incaran para kolektor. Salah satu tempat yang banyak menyimpan batik kuno adalah kota batik, Pekalongan.

Batik Pekalongan yang tergolong kuno diburu karena keragaman corak yang dipengaruhi oleh akulturasi dari berbagai budaya. Masyarakat Pekalongan merupakan bauran penduduk pribumi dan para pendatang dari etnis Tionghoa, Arab, dan Belanda. Sejak zaman dahulu, kehidupan masyarakat Pekalongan sangat lekat dengan seni batik bahkan untuk pakaian sehari-hari. Etnis Tioghoa misalnya, kaum wanitanya identik dengan kebaya encim dan bawahan kain batik. Adanya pengaruh budaya Belanda tercermin dari motif buketan yang hingga saat ini masih dipertahankan.

Dunia perbatikan selalu berjalan selaras dengan perubahan zaman, tetapi tidak disangka produksi batik zaman dulu justru menjadi barang antik yang banyak diminati. Batik kuno mencerminkan kualitasnya sebagai benda seni tinggi karena diproses secara manual. Pengerjaan setiap lembar batik memakan waktu hingga berbulan-bulan lamanya. Mengoleksi batik antik dan kuno memang bisa menjadi satu wujud nyata kecintaan dan upaya melestarikan kebudayaan tersebut.
Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: