Diberdayakan oleh Blogger.

Tutorial Singkat Membuat Batik Tulis

By | 07.00 1 comment
Tutorial Singkat Membuat Batik Tulis


Batik Semarang - Sebagian dari anda tentu sudah tahu ada 3 teknik utama dalam membuat batik, pertama adalah teknik batik tulis, kedua teknik batik cap, dan ketiga teknik batik printing. Dalam artikel kali ini akan dibahas cara membuat batik tulis secara singkat. Pertama yang harus anda persiapkan tentunya adalah canting  malam ( cairan lilin), pewarna ( larutan ), kompor kecil untuk memanaskan lilin), kain mori polos berwarna putih sebagai objeknya, serta gawangan. Langkah pertama adalah membuat motif batik pada kain yang telah dipasang gawangan atau molani dengan pensil.

Cara membuat batik tulis Kedua, membuat motif menggunakan canting yang sudah di isi malam mengikuti pola tadi. Ketiga, menutup bagian kain yang ingin tetap berwarna putih, agar cepat gunakanlah kuas pada bidang yang luas. Keempat, mencelupkan kain tersebut ke larutan pewarna untuk mewarna bidang selain motif. Keenam, setelah itu dijemur sampai kering. ketujuh,lanjutkan kembali proses membatik untuk menutup bagian yang ingin dipertahankan pada pewarnaan pertama.

Cara membuat batik tulis ke delapan, mencelupkan kembali pada pewarna lalu direbus untuk menghilangkan lilin, kesembilan, dapat dilakukan pewarnaan lagi untuk menutup warna pertama dan kedua, pengulangan membatik di tentukan berdasarkan keinginan kompleksitas dan ketajaman warna motif sepuluh, kain kembali direbus diatas tungku untuk menghilangkan lapisan lilin (nglorot) lalu d jemur sampai kering.
Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

1 komentar: